Friday 26 February 2016

Fungsi Dan Pengertian Gadget Pada Blog


Bagi anda yang baru mengenal blog, Gadget itu adalah fitur tambahan yang berupa elemen yang berguna untuk mempercantik blog serta untuk mempermudah pengunjung blog dalam memahami isi blog kita, yang disediakan oleh penyedia blog anda atau disediakan oleh pihak ke 3.


Penggunaan serta pemasangan widget itu sangat dipermudah oleh pihak-pihak penyedia layanan , sehingga yang anda lakukan hanya tinggal mendaftar atau bahkan ada yang tidak perlu mendaftar sama sekali alias Cuma mengcopy script yang telah disediakan dalam elemen blog.

Gadget yang dapat ditambahkan ke dalam blog jumlahnya sangat banyak, baik yang terdapat dalam layanan blogger itu sendiri, lebih-lebih yang disediakan oleh penyedia lain.

Adapun gadget yang disediakan oleh blogspot diantaranya adalah:

Hasil gambar untuk fungsi search box dalam blog1. Search Box Pada Blog – Search box atau kotak penelusuran merupakan salah satu pernak-pernik blog yang penting untuk disediakan pada sebuah blog Pada blog dengan platform blogspot, search box dapat kita peroleh secara gratis karena widget ini sudah disediakan oleh blogger. Search box yang ditampilkan pada blog akan mempermudah pembaca dalam menelusuri artikel atau informasi yang diinginkan, baik pada blog yang kita miliki atau secara global.



fungsi widget translate google
2. Translate Pada Blog- Widget tersebut berfungsi untuk memudahkan pengunjung yang berasal dari luar negeri (luar bahasa) untuk memahami isi artikel yang diulas.




3. Profil adalah gadget yang berguna untuk Menampilkan informasi tentang diri Anda kepada pengunjung.




 4.Followers adalah gadget yang berfungsi Menampilkan daftar pengguna yang mengikuti blog Anda.




Hasil gambar untuk total pageviews
 5.TotalPageviews yaitu gadget yang berfungsi untuk menampilkan berapa banyak orang yang melihat blog anda.


6.BlogArchieve Apa itu blogarchieve? Singkatnya, apabila anda menambahkan gadget ini ke dalam blog anda, maka anda dan para pengunjung blog anda dapat dapat melihat semua daftar postingan anda, atau biasanya beberapa blogger menamakan gadget ini sebagai daftar isi, karena memang manampilkan semua isi/ postingan di blog kita. Anda dapat men-setting tampilan arsip blog anda nantinya, seperti: ingin ditampilkan menurut bulanan, mingguan, atau harian. Selain itu juga, anda bisa menentukan style/ gaya, mau secara hirarki (tersusun), atau menu dropdown.


Hasil gambar untuk popular post

 7. Popular Post yaitu untuk menampilkan menampilkan daftar pos yang sering dikunjungi/ populer di blog Anda.









Sumber : Pemikiran Sendiri dan Carasyamsu.com

No comments:

Post a Comment